Hobi yang dibayar, kenapa TIDAK?





Belajar Cyber PR itu menyenangkan, banyak pengalaman dan pelajaran baru yang bisa didapatkan di mata kuliah Cyber PR ini. Cyber PR banyak memberiku pengetahuan terutama di dalam dunia blogger. Pertama kalinya saya memiliki akun serta mengisinya dengan berbagai tuisan hasil karya saya sendiri. Saya beharap blog ini sebagai penghantar untuk saya mengekspresikan pengalaman serta mengasah kemampuan saya dalam hal menulis, besar harapan hal ini dapat menjadi profesi dan juga sebagai acuan saya untuk mengimplementasikannya dalam dunia kerja.

Cyber PR bukan hanya sebatas belajar tentang dunia blogger, tetapi belajar tentang berbagai akun medsos dan mengisinya dengan berbagai macam konten PR, campaign dan lain sebagainya. Seorang PR harus paham akan dunia cyber dan harus up to date dalam segala hal. Selain belajar blogger, hal pertama yang saya pelajari adalah bagaimana caranya nge buzz di twitter, belajar hotsuite yang bisa memudahkan kita untuk update tanpa harus log in terlebih dahulu ke beberapa akun, secara membuat quistioner dan cara membuat formulir di google drive khususnya di google form.

Cara membuat formulir di google form ini juga sangat membantu saya terutama di semester 3 yang mulai banyak event sebagai tempat untuk pendaftaran online yang memudahkan peserta atau sasaran untuk daftar ke event yang akan dijalankan. Saya juga pernah diminta oleh prodi lain untuk membantu membuat formulir dalam eventnya, hal ini juga sebagai salahsatu bentuk kebanggaan tersendiri untuk berbagi ilmu dengan orang lain atas ilmu yang baru saja saya dapatkan dalam mata kuliah ini.

Sistem pembelajaran yang enjoy serta tidak banyak materi namun lebih kepada praktek yang langsung dilakukan pada saat itu juga, sangat membantu saya untuk lebih cepat memahami apa yang diajarkan pada mata kuliah ini. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk kedepannya terutama didunia kerja. Bahkan blogger sekarang telah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Hobi yang di bayar itu enak, bukan? Kenapa kita tidak coba? Bukankah itu adalah impian semua orang?

Kita seorang PR harus bisa menjawab semua tantangan itu, karena semua hal bisa diraih asalkan kita ada kemauan yang kuat. Cyber PR juga sebetulnya sangat berkaitan erat dengan mata kuliah yang lainnya seperti media relations, PR writing, dan PR event. PR writing banyak mengasah kemampuan kita dalam hal menulis. 

Bagaimana cara menulis yang benar dan menghilangkan kata-kata yang mubazir. Dunia jurnalistik mungkin tidak disukai oleh sebagian orang, namun bagi seorang PR suka tidak suka hal ini harus tetap ditekuni, karena bukan hanya kemampuan dalam berkomunikasi yang harus diasah, tetapi menulispun harus terampil. Bagaimana cara menulis berita yang benar, cara membuat press realease yang baik dan benar serta berbagai cara menulis yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik.


Seorang PR juga berkaitan erat dengan media, hal ini bisa dikatakan sebagai jembatan bagi perusahaan sebagai tempat publikasi, media informasi, promosi dan kegiatan PR lainnya untuk membangun citra sebuah perusahaan atau lembaga. 


Sebagai contoh penerapan mata kuliah cyber PR ini kami mengadakan event dan juga campaign  yaitu CITRA (Citarum River Ambition) yang diadakan oleh prodi hubungan masyarakat 2015 politeknik LP3I Bandung sebagai bentuk kepedulian terhadap sungai citarum yang dikenal sudah kotor. Faktor utama penyebabnya adalah masyarakat sekitar bandung sendiri yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan. 


Untuk kesuksesan acara ini kita melakukan campaign dengan buzz yang dilakukan diberbagai akun media sosial untuk mencari dukungan dari para pengguna media sosial. Bebagai akun media sosial seperti twitter, instagram, dan fanpages lain sebagainya. Hal ini sebagai bentuk peneraman mata kuliah cyber PR yang digerakan oleh mahasiswa, jadi bukan haya sekedar teori namun lebih ke mempraktikannya dalam sebuah acara.


Konten PR itu sangat perlu karena sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan PR yang berisikan hal-hal yang dibutuhkan publik sebagai bentuk sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun dan menjaga reputasi dan citra perusahaan itu sendiri.  Media relations juga mulai berkembang khususnya adalah media baru. Media baru yng didalamnya termasuk media sosial, dimana setiap orang berhak untuk menuliskan hal apapun, tentang apapun dan dimanapun sebagai bentuk dari aktualisasi diri.


Kini media sosial menjambah masyarakat tanpa memandang status sosial, dan hampir setiap orang tidak akan asing dengan yang namanya media sosial. Hal ini bisa dijadikan sebagai hal positif yang dapat menunjang kebutuhan manusia apabila kita cerdas dalam menggunakannya, tetapi hal ini juga akan jadi boomerang apabila kita malah menggunakannya untuk berbagai hal negatif. Seorang PR haruslah bijak dalam menggukan media sosial, bahkan harus lebih paham bagaimana cara menggunakan media yang baik, dan mengisinya dengan berbagain konten tulisan yang bermanfaat bagi khalayak luas. 


Demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Random Posts

Flickr

Social Share

Recent comments

Recent Comments

Popular Posts

Most Popular